Best Manufacturing Practices

Posted by : Excellence Manufacturing Practices Thursday 19 September 2013



NLP (Neuro Linguistic Programming) adalah salah satu teknologi pengembangan diri.

NEURO
Cara berfikir dengan menggunakan Panca Indra [Melihat, Mendengar, Meraba, Mengecap, Membaui. Sistim saraf yang mengontrol fungsi dari tubuh manusia.

LINGUISTIC
Cara menggunakan bahasa VERBAL dan NON-VERBAL dalam berkomunikasi; sehingga dapat mempengaruhi orang lain.

PROGRAMMING
Cara menyusun ide dan tindakan yang menghasilkan kemampuan berkomunikasi dengan Panca Indra untuk mencapai keinginan yang spesifik.

Pertama, bagaimana manusia mengabil informasi dari dunia sekitar melalui interaksi dan stimulus. Hasilnya, yakni sensing melalui apa yang ia lihat, dengar, dan rasakan diolah oleh cortex, mengubahnya menjadi informasi yang tersimpan di pikiran. Apa yang tercatat dan tersimpan itu disebut representasi internal.

Kedua, bagaimana apa yang sudah direprenatasikan itu dapat dipahami oleh dirinya. Tentunya tingkat pemahamannya sangat subjektif –maka disebut subjective experience—sifatnya menurut tingkat pendidikan, kepercayaan/keyakinan,dan nilai-nilai subjektif lainnya. Di sinilah pentingnya peran kebahasaan (linguistic). Apa yang Anda alami dalam hidup ini tidak cukup untuk dirinya sendiri tetapi akan lebih bermakna bila dikomunikasikan dengan orang lain melalui bahasa.

Ketiga, bagaimana hasil dari pemahaman itu. Atau bagaimana apa yang direprensentasikan ke dalam pikiran itu menjadi lebih bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. Sebuah pengalaman, sebuah pemahaman subjektif bukanlah berakhir pada pemahaman itu sendiri, melainkan kebermanfaatan bagi dirinya dan orang lain jauh lebih penting. Sebuah pengalaman memasak misalnya kurang bermanfaat bila hanya disimpan dalam pikiran sebagai arsip. Namun apa bila dipraktikkan, take action, akan menjadi lebih bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

NLP sangat peduli dengan acting on the result atau berorientasi pada tindakan, bukan hanya sekedar memahami dunia di sekilingnya, melainkan bagaimana semua pengalaman yang kita miliki menjadi kekuatan, menuju manusia sukses.


Maka tidak heran kalau para ahli NLP menyebut NLP adalah program pikiran menjadi kenyataan, from mind to real. Singkatnya, bagaimana sebuah program pikiran benar-benar mem-body sehingga menjadi perilaku sukses.


NLP adalah sebuah studi tentang bagaimana kerja “otak”, dan  bagiamana memprogram “otak” tersebut sehingga menjadi powerfull

Sedangkan Definisi NLP menurut para ahli pengembangan diri:

NLP is an attitude and a methodology that leaves behind a trail of techniques.” - Dr. Richard Bandler.

” NLP is an accelerated learning strategy for the detection and utilization of patterns in the world” - John Grinder

“NLP is whatever works, and NLP is the Study of the Structure of Subjective Experience” - Robert Dilts

“NLP hanya alat yang kehebatannya perlu dibuktikan dengan terus berlatih sehingga manfaatnya benar-benar terlihat dan dirasakan.” – Wawang Sukmoro

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Visitor

Coach & Facilitator

Coach & Facilitator
Wawang Sukmoro Motivator Produktivitas

TURNING LOSS INTO PROFIT

TURNING LOSS INTO PROFIT
Buku Tentang MOTIVASI PRODUKTIVITAS

100% Charity BUKU BERHASIL

100% Charity BUKU BERHASIL
Unduh Gratis at SCRIBD.com

Twitter

Blog Archive

- Copyright © NLP Indonesia Berdaya -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -