Best Manufacturing Practices

Posted by : Excellence Manufacturing Practices Thursday 19 September 2013





Saat Anda memulai sesuatu, apakah Anda memiliki kepercayaan diri untuk melakukan aktivitas tersebut? Ya, Anda perlu meyakinkan diri Anda sendiri, Anda perlu memotivasi diri Anda sehingga Anda merasa percaya diri dan menjadi mampu menyelesaikan tugas tersebut.

Hal penting yang harus Anda sadari adalah bahwa bukti bahwa pengalaman keberhasilan Anda terkadang tidak cukup. Anda perlu menguatkan apa yang Anda yakini baik. Anda perlu pujian. Dan pujian itu perlu Anda sampaikan sendiri kepada diri Anda sendiri. Sebab berharap pada orang lain sering kali mereka tidak mengenali hal-hal baik yang sedang upayakan, karena mungkin mereka menganggap hal itu adalah hal sepele, tetapi sebenarnya hal itu sangat berarti bagi diri Anda.

Pengakuan merupakan catatan fakta keberhasilan Anda, sebagai contoh: Anda memberikan senyum kepada orang baru yang Anda temui, Anda menyapa orang asing di dalam lift, membuang sampah pada tempatnya dan menyeberangkan orang tua hingga ke sisi jalan yang aman. Bila hal-hal sepele yang baik itu Anda lakukan dengan disiplin maka nilai-nilai baik akan bertumbuh, keyakinan diri Anda meningkat dan berkah baik akan lebih mudah menyapa bagi diri Anda.

Pujian kepada diri sendiri secara konsisten akan membentuk menjadikan diri Anda lebih berdaya, fokus pada batu pijakan ketika Anda berjalan menuju harapan yang Anda sedang upayakan, memastikan hanya hal-hal positif yang dilakukan, membetuk harga diri sehingga percaya diri Anda meningkat dan membangkitkan sikap perilaku baik.


Petunjuk memberi pujian kepada diri sendiri:
1.     Fokus pada tindakan yang telah Anda lakukan meski itu dianggap sebagai hal sepele.
2.     Pujian tersebut supportif dan menguatkan diri Anda untuk bisa mengulanginya lagi sekaligus mengajak orang lain mencontoh hal baik tersebut.
3.     Spesifik dan rinci sehingga mudah diulangi dan ditiru.
4.     Carilah orang baik sebagai partner Anda dalam berdikusi tentang hal tersebut. Sebagai sabahat untuk diajak berbicara tentang pencapaian tersebut. Dan mintalah masukan bagaimana agar hal tersebut dapat meningkatkan keberhasilan Anda hari demi hari ke depan.
5.     Mulailah juga Anda mengenali hal baik dan berani mengungkapkan pujian untuk orang lain. Buatlah orang-orang disekitar Anda merasa nyaman dan bergairah karena Anda memberikan perhatian kepada hal-hal baik yang mereka lakukan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Visitor

Coach & Facilitator

Coach & Facilitator
Wawang Sukmoro Motivator Produktivitas

TURNING LOSS INTO PROFIT

TURNING LOSS INTO PROFIT
Buku Tentang MOTIVASI PRODUKTIVITAS

100% Charity BUKU BERHASIL

100% Charity BUKU BERHASIL
Unduh Gratis at SCRIBD.com

Twitter

Blog Archive

- Copyright © NLP Indonesia Berdaya -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -