Best Manufacturing Practices

Posted by : Excellence Manufacturing Practices Friday 20 September 2013


Gerakan mata sebagai indikator proses kognitif tertentu merupakan salah satu yang paling terkenal, kontroversial, penemuan NLP, dan berpotensi salah satu yang paling berharga. Menurut NLP, otomatis, gerakan mata tidak sadar, atau "mata mengakses isyarat," sering menyertai proses berpikir tertentu, dan menunjukkan akses dan penggunaan sistem representasional tertentu.

Gagasan bahwa gerakan mata mungkin terkait dengan representasi internal yang pertama kali diusulkan oleh psikolog Amerika William James dalam bukunya Prinsip Psikologi (1890, hlm 193-195). Mengamati bahwa beberapa bentuk micromovement selalu menemani pikiran, menulis:

“Dalam menghadiri baik ide atau sensasi milik tertentu akal-bola, gerakan adalah penyesuaian rasa-organ, merasa seperti itu terjadi. Aku tidak bisa berpikir secara visual, atau contoh, tanpa merasa bermain berfluktuasi tekanan, konvergensi, divergensi, dan akomodasi di bola mata saya ... Ketika saya mencoba untuk mengingat atau merenungkan, gerakan tersebut. . . Merasa seperti semacam penarikan dari dunia luar. Sejauh yang saya bisa mendeteksi, perasaan ini disebabkan oleh keluar bergulir aktual dan ke atas dari bola mata.”

Apa yang William James gambarkan itu terkenal di NLP sebagai eye accessing cue (mata-mengakses isyarat visual).

Pada awal tahun 1976; Richard Bandler, John Grinder dan para mahasiswa; mereka mulai mengeksplorasi hubungan antara gerakan mata dan indera yang berbeda serta proses kognitif yang berbeda terkait dengan belahan otak.

Pada tahun 1977 Robert Dilts melakukan penelitian, di Langley Porter Neuropsikiatrik Institute di San Francisco, mencoba untuk mengkorelasikan gerakan mata untuk proses kognitif dan neurofisiologis tertentu. Dilts menggunakan elektroda untuk melacak kedua gerakan mata dan karakteristik gelombang otak subyek yang mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan menggunakan berbagai indera penglihatan, pendengaran dan merasa untuk tugas-tugas yang melibatkan memori ("otak kanan" pengolahan) dan konstruksi mental ("otak kiri "pengolahan). Subjek diminta serangkaian pertanyaan dalam delapan kelompok. Setiap pengelompokan pertanyaan menarik jenis tertentu kognitif processing_visual, auditori, kinestetik, dan emosional (perasaan viseral). Masing-masing juga diarahkan ke salah satu memori (pengolahan belahan non-dominan) atau konstruksi (pengolahan hemisfer dominan). Rekaman Dilts 'cenderung untuk mengkonfirmasi tes lain yang menunjukkan bahwa lateralisasi gerakan mata aktivitas otak disertai selama tugas kognitif yang berbeda. Pola ini juga tampaknya berlaku untuk tugas yang membutuhkan pengertian yang berbeda.

Penelitian selanjutnya (Loiselle, 1985 dan Buckner, Reese dan Reese, 1987) telah mendukung klaim NLP bahwa gerakan mata keduanya mencerminkan dan mempengaruhi componants kognitif kunci pemikiran.

Banyak orang tangan kiri, bagaimanapun, cenderung terbalik dari kiri ke kanan. Artinya, mata mereka mengakses isyarat adalah bayangan cermin dari orang-orang bukan kidal. Mereka melihat ke bawah dan kiri atas perasaan, bukannya bawah dan kanan. Demikian pula, mereka melihat ke atas dan ke kanan untuk mengingat citra visual, bukan ke atas dan ke kiri, dan seterusnya.

Sejumlah kecil orang (termasuk ambidextrous dan orang tangan kanan) akan terbalik dalam beberapa mereka isyarat mengakses mata mereka (gerakan mata visual mereka, misalnya), tetapi tidak yang lain.

Sebagai hasil dari studi ini, dan banyak jam pengamatan orang dari berbagai budaya dan latar belakang ras dari seluruh dunia, pola gerakan mata berikut ini telah diidentifikasi (Dilts, 1976, 1977; Grinder, Bandler dan DeLozier, 1977; Bandler dan Grinder, 1979; Dilts, Grinder, Bandler dan DeLozier, 1980):



Pola 'eye accessing cues' dalam penjelasan berikut ini:










Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Visitor

Coach & Facilitator

Coach & Facilitator
Wawang Sukmoro Motivator Produktivitas

TURNING LOSS INTO PROFIT

TURNING LOSS INTO PROFIT
Buku Tentang MOTIVASI PRODUKTIVITAS

100% Charity BUKU BERHASIL

100% Charity BUKU BERHASIL
Unduh Gratis at SCRIBD.com

Twitter

Blog Archive

- Copyright © NLP Indonesia Berdaya -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -