Best Manufacturing Practices

Posted by : Excellence Manufacturing Practices Monday 7 October 2013


Be = Do x Have
Be = Memiliki. Do = Upaya. Have = Sumber daya.

Setiap orang memiliki sumber daya di dalam dirinya, yaitu:
·       Lingkungan di mana dia tinggal.
·       Identitas yang melekat dalam dirinya, sesuai apa dilihat oleh dunia luar terhadap dirinya.
·       Setiap orang memiliki nilai-nilai yang diyakininya sehingga dirinya mampu mempertimbangkan baik dan buruk saat membuat keputusan dalam kehidupannya.
·       Keyakinan dalam dirinya merujuk kepada nilai-nilai yang dianutnya dan filosofi yang digenggamnya.
·       Keahlian dari pengetahuan yang dimilikinya. Proses pembelajaran dalam kehidupannya.

Perilaku adalah sikap dan tindak-tanduk yang dihasilkan dari pikirannya dalam merespon keadaan dunia luar, dan yang dunia luar lihat terhadap diri seseorang sebagai penilaian atas bentuk responnya tersebut.

Tindakan merupakan merupakan hasil dari pengambilan keputusan atas pilihan sumber daya yang dimilikinya. Tindakan dan keputusan merupakan satu bentuk yang sulit dipisahkan menyatu, sebab dari keduanya berujung pada hasil.

Seseorang yang ingin memiliki tabungan 100 juta rupiah, dan dirinya memiliki sumber daya 100, maka di memerlukan 1 juta upaya. Berbeda jauh bila dirinya memiliki sumber daya 1 juta, maka upaya yang diperlukan adalah 100. Mana yang lebih melelahkan?
Bila sumber daya sudah ada di dalam diri Anda, ada baiknya Anda memantaskan sumber daya tersebut sehingga bernilai setinggi-tingginya, selanjutnya adalah proses upaya untuk mecapai hasil.

Contoh:

Seseorang mengharapkan beroleh pendapatan 10 juta rupiah per bulan.
1.     Pendapatan 10 juta per bulan adalah hasil dari tindakan.
2.     Tindakan adalah hasil dari pilihan perilaku. Bila perilakunya selaras, pilihan tindakannya tepat, maka menjadi mungkin 10 juta per bulan menjadi miliknya. ==> Tindakannya = berjualan Mie Ayam.
3.     Perilaku yang tepat itu didasarkan keahlian yang dimilikinya. Pengetahuan dan kemampuannya yang menyebabkan dirinya disebut ahli. Ahli dalam menghasilkan. Hasil yang bermanfaat yang memiliki nilai tukar 10 juta rupiah ==> Perilaku santun dalam melayani.
4.     Keyakinan yang benar didasarkan pada benarnya filosofi yang dimiliki akan mendorong seseorang untuk belajar dan berupaya memiliki kemampuan untuk mencapai harapannya. Dorongan berfikir maju untuk terus bertumbuh dan mengembangkan kemampuannya ==> Keyakinan berwiraswasta = berniaga membuka banyak berkah
5.     Keyakinan yang baik didukung sepenuhnya oleh nilai-nilai yang dipercayainya. Bila dirinya memiliki nilai-nilai baik, maka keyakinannya menjadi baik. Nilai-nilai benar yang mendorong filosofi benar, sehingga menjadikan seseorang memiliki keyakinan yang benar ==> Melayani dan berbagi dengan orang lain
6.     Karena identitasnya bagus, maka seseorang menjunjung tinggi nilai-nilai baik yang dianutnya. Identitas yang identik dengan siapa dirinya, bagaimana perilakunya ==> Penjual gerobak dorong & AMIGOS
7.     Identitas dibesarkan oleh lingkungan. Bila lingkungan baik, maka menjadi mungkin faktor pengaruh dirinya untuk menjadi baik. Lingkungan adalah habitat dirinya, cerminan identitas yang dilabelkan lingkungan atasnya. Meski kadang bukan fakta, tetapi persepsi menjadi titik penting, menilai lingkungan sebagai titik awal identitas di mana seseorang berada ==> Keluarga pedagang


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Visitor

Coach & Facilitator

Coach & Facilitator
Wawang Sukmoro Motivator Produktivitas

TURNING LOSS INTO PROFIT

TURNING LOSS INTO PROFIT
Buku Tentang MOTIVASI PRODUKTIVITAS

100% Charity BUKU BERHASIL

100% Charity BUKU BERHASIL
Unduh Gratis at SCRIBD.com

Twitter

Blog Archive

- Copyright © NLP Indonesia Berdaya -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -