Best Manufacturing Practices

Posted by : Excellence Manufacturing Practices Sunday 23 February 2014


MetaPrograms

“Everything that irritates us about others can lead us to an understanding of ourselves.”
Sikap menggangu apapun yang disebabkan oleh orang lain akan mengantarkan kita kepada pemahaman akan siapa sejatinya diri kita.
  Carl Gustav Jung

Seperti telah dibahas dalam NLP Model Komunikasi, Mihaly Csikszentmihalyi, seorang ahli Biologi dari Hungaria menuliskan fakta-fakta menarik tentang stimulus yang masuk kepada diri manusia, informasi yang tangkap oleh panca indera dalam bukunya Flow (1990): The Psychology of Optimal Experience, terbitan New York: Harper and Row; ISBN 0-06-092043-2. Beliau mengungkapkan bahwa sebagai manusia, kita terus-menerus mengambil informasi melalui panca indra kita dan memprosesnya pada tingkat rata-rata sekitar 2 juta bit informasi per detik. Sebagian besar penyerapan informasi ini dan asimilasinya berlangsung secara tidak sadar. Sadar mencoba untuk memproses semua informasi ini mungkin menyenangkan, tapi itu pasti akan berat bagi otak kita. Oleh karena itu sistem saraf kita melakukan pemfilteran terhadap informasi yang masuk dalam rangka untuk melihat dan memanfaatkan informasi yang relevan.

Coba Anda bayangkan berapa banyak informasi yang lolos tertahan oleh proses pemfilteran informasi tersebut? Meta programs adalah salah satu proses menyaring bawah sadar terhadap informasi yang masuk, dan menyisakan informasi di mana Anda menaruh perhatian. Termasuk cara Anda memproses informasi yang diterima dan cara Anda mengkomunikasikannya. Berdasarkan konteks tertentu itulah motivasi Anda menggerakan diri Anda untuk mengambil keputusan. Dan pola seseorang dalam mengunakan bahasa dapat berubah dan berbeda pada kontek yang berbeda.

Meta programs adalah proses mental yang mengelola, membimbing dan mengarahkan proses mental lainnya . Dengan kata lain, Meta Programs adalah proses tentang atau pada tingkat yang lebih tinggi yang mempengaruhi daripada proses mental tersebut. Anda bisa membandingkannya dengan termostat yang mengontrol apakah sistem pendingin udara Anda diaktifkan atau dinonaktifkan. Keduanya merupakan metafora untuk satu sistem yang mengendalikan sistem lain.

Meta programs adalah cara untuk meningkatkan kesadaran diri Anda dan lebih memahami orang-orang di sekitar Anda. Anda dapat menggunakannya untuk memperbaiki cara Anda berkomunikasi dengan diri sendiri dan orang lain, sebagai pola dalam apa yang Anda katakan, bagaimana Anda mengatakannya, dan apa yang Anda lakukan. Anda dapat menganggap setiap meta programs tersebut sebagai perilaku dan kecenderungan berdasarkan apa yang Anda hargai. Kunci sebenarnya adalah untuk memperhatikan mana Anda sukai, dan menggunakan meta program untuk membantu Anda meningkatkan efektivitas ketika Anda berkomunikasi atau berbisnis dengan orang lain.

NLP menggunakan metafora kontemporer yang diambil dari ilmu komputer untuk menggambarkan aksi satu proses di atas yang lain - program. Hal ini sering terjadi dalam pemrograman komputer yang satu program mengontrol pelaksanaan program-program lainnya, memilih mana yang akan berjalan lebih dahulu, dan mengirim informasi kepada mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik .

Pada awal pengembangan NLP, ditemukan bahwa orang menggunakan strategi ini untuk hal-hal seperti membuat keputusan atau menjadi merasa yakin akan sesuatu . Ini bukan strategi sadar, tapi urutan representasi internal yang terdiri dari visual, auditori , kinestetik , gustatory dan komponen sensorik penciuman .

Misalnya, dalam membuat keputusan , seseorang mungkin membayangkan beberapa pilihan dan berkata pada dirinya sendiri,”Saya suka kedua”. Kemudian dirinya akan memilih satu yang dipikirnya terbaik. Proses ini terjadi dengan cara: membangun visual è auditori – internal è Strategi kinestetik.

Untuk orang lain mungkin lebih memilih untuk terlebih dahulu mendapatkan perasaan untuk masing-masing opsi, kemudian gambar bagaimana itu akan berhasil, dan berkata pada dirinya sendiri,"aku suka yang ini satu.". Prosesnya adalah kinestetik è membangun visual è Strategi auditori – internal.

Peneliti Richard Bandler dan Leslie Cameron; Bandler melihat bahwa dua orang yang menggunakan strategi yang sama tetapi hasilnya bisa sangat berbeda.
Dua orang memiliki strategi keputusan dengan struktur: VC è Ki (Membangun gambar, visual construction è Kinestetik sebagai cara untuk membuat keputusan)
·       Si A mengatakan,"Saya membayangkan beberapa pilihan, dan saya menjadi mudah memilih salah satu yang saya rasa benar bagi saya."
·       Sementara si B mengeluh,"Saya melihat beberapa pilihan, dan saya merasa bingung mau memilih yang mana. Terlalu banyak pilihan.
Keduanya menggunakan Vc yang sama è strategi Ki tapi mendapatkan hasil yang sangat berbeda.

Set awal pola Program Meta kemudian diidentifikasi dan dijelaskan oleh Leslie Cameron - Bandler bekerjasama dengan David Gordon , Robert Dilts dan Maribeth Meyers - Anderson .

Bagaimana Meta Programs bekerja?

Kita mungkin berpikir meta programs sebagai "kebiasaan berpikir" atau "program perhatian" - proses yang diterapkan secara refleks untuk memilah apa yang kita perhatikan dari apa yang kita saring dalam berbagai konteks. Pikiran sadar, dikatakan, dapat hadir untuk maksimal 7+2 (tujuh plus minus dua ), silakan dibaca kembali NLP Model Komunikasi.

Pikiran sadar dirancang untuk fokus, dan 7+2 representasi simultan secara bersamaan tidak masalah pada kebanyakan kasus. Tapi bagaimana objek fokus yang akan dipilih? Pikiran sadar akan kewalahan jika harus memilih dari begitu banyak pilihan. Dan sebaliknya, pikiran bawah sadar kita secara rutin menangani jutaan representasi sensorik secara bersamaan, sepanjang waktu.
Pertanyaannya:
Bagaimana pikiran bawah sadar bisa melakukan hal itu, dan melayani Anda dengan cara terbaik pada saat tertentu ?
Bagaimana jika alam bawah sadar terbiasa memilih sesuatu, yang pikiran sadar kita akan memilih untuk tidak menyadari pada saat itu?
Dan bagaimana jika alam bawah sadar menyaring informasi yang Anda bisa pergunakan untuk memperoleh keuntungan dalam konteks tertentu ?
Apakah mungkin untuk mengubah kriteria seleksi untuk beradaptasi dengan keadaan baru?

Tiga hal hakiki yang patut Anda perhatikan:
·       Mengetahui jenis nilai yang hakiki yaitu nilai-nilai yang menyediakan lensa sudut pandang untuk memahami perilaku dan preferensi atau hal-hal yang disukainya.
·       Mengetahui nilai-nilai hakiki diri Anda sendiri. Jika Anda tahu nilai-nilai Anda sendiri, Anda akan dapat lebih memahami potensi diri Anda dan Anda dapat menambahkan perspektif pikiran bawah sadar Anda.
·       Mengetahui nilai-nilai hakiki dari orang-orang yang berinteraksi dengan diri Anda. Jika Anda tahu nilai-nilai yang mereka percayai, dan Anda menyetujuinya, maka menjadi mungkin Anda merasa senang hati menghabiskan waktu bersama mereka, dan Anda dapat berbaur serta membantu membangun hubungan dengan mereka dan relasi mereka, Anda bisa bertumbuh dalam jaringan bersama-sama mereka.

Bersambung .... Meta Program #1

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Visitor

Coach & Facilitator

Coach & Facilitator
Wawang Sukmoro Motivator Produktivitas

TURNING LOSS INTO PROFIT

TURNING LOSS INTO PROFIT
Buku Tentang MOTIVASI PRODUKTIVITAS

100% Charity BUKU BERHASIL

100% Charity BUKU BERHASIL
Unduh Gratis at SCRIBD.com

Twitter

Blog Archive

- Copyright © NLP Indonesia Berdaya -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -