Best Manufacturing Practices

Posted by : Excellence Manufacturing Practices Sunday 23 February 2014

METAPROGRAM (Bagian 2/4)


MetaPrograms #1: Towards and Away From
[Mendekati vs Menjauhui]

Sebagian orang bergerak mengejar kenikmatan dan sebagian lagi mereka menjauhi apa yang dirasakannya sebagai kesengsaraan. Semua perilaku manusia berkisar pada dorongan mendapatkan kesenangan atau menghindari rasa sakit . Anda menarik diri dari sengatan Matahari untuk menghindari rasa sakit terbakar pada kulit Anda. Atau Anda duduk dan menonton matahari terbenam yang keindahannya, dan Anda mendapatkan sensasi kesenangan dari keadaan sore berubah menjadi malam.

Anda dapat menggunakan lensa ini untuk memahami apakah seseorang dikendalikan oleh rasa sakit atau keuntungan. Anda juga dapat menggunakan ini untuk melihat diri Anda sendiri. Apakah Anda sedang bergerak menuju kesenangan atau menjauhi dari rasa sakit?

Jika Anda memiliki MetaPrograms mengejar kenikmatan, Anda cenderung untuk bergerak ke arah kesenangan. Anda akan merencanakan tujuan dan goal untuk dicapai. Anda bekerja di dalam goal yang Anda buat.
Keuntungan memiliki model mengejar nikmat: Anda berpikiran maju, berorientasi pada tujuan, energi positif dan mengendalikan keadaan untuk mencapai tujuan Anda.
Kekurangan model mengejar nikmat adalah: Anda bisa terjebak dalam keinginan dan lupa bertindak, karena banyak inisiatif sehingga tidak fokus dan berhenti pada rencana dan keinginan, terjebak tidak tahu harus langkah apa yang perlu dilakukan. Satu belum selesai sudah mengerjakan yang lain, karena tidak focus maka banyak hal menjadi tidak tuntas dan terbengkalai.

Jika Anda memiliki MetaPrograms menjauhi sengsara, Anda fokus pada bergerak menjauhi dari rasa sakit dan menghindari risiko. Anda memastikan semuanya aman sebelum bergerak maju.
Keuntungan dari model menjauhi sengsara adalah: Anda menjadi waspada dan menilai risiko sehingga Anda mengenali apa yang harus dihindari. Rencana yang baik dan persiapan yang matang akan dapat menjadikan Anda percaya diri saat melakukan tindakan.
Kekurangan dari model menjahui sengsara adalah: karena terlalu berhati-hati maka menjadi lambat dalam bertindak, kemudian cenderung berfokus pada sisi negatifnya, karena berfikir tentang resiko maka yang muncul adalah ketakutan kalaupun tidak menjadi berlama-lama menyiapkan rencana sehingga lambat dalam bertindak. Karena khawatir maka menjadi mungkin diri Anda lebih menyukai situasi yang nyaman dan tidak mau mencoba pengalaman baru, karena Anda membuat pilihan berdasarkan penghindaran daripada keinginan untuk sesuatu yang baru .

Contoh Model Menghindari atau menjauhi sengsara è Tidak mau menjadi miskin!
Begitu seseorang menilai bahwa mereka tidak mau miskin, mereka kehilangan sebagian besar motivasi mereka saat mencari uang, mereka akan mencari uang sampai mereka tidak lagi memiliki cukup uang, dan kemudian pada saat itu mereka akan termotivasi lagi mencari uang.


Jadi menghindari atau menjauhi cenderung menghasilkan kenyamanan dan sikap konsisten, motivasi yang on-off seperti mata gergaji menggergaji. Selama tidak miskin tidak perlu bejerja keras untuk mencari uang. Ini adalah pola yang menyesatkan.

Bagaimana jika mengejar dan menuju menjadi kaya? Akan terus bekerja keras hingga dirinya kaya? Kapan dinyatakan kaya? Kapan menikmati kekayaan? Bagaimana cara menikmatinya dan apakah terus bergerak besama-sama saat berusaha mengejar kekayaan?

Meta-Program #2 – Options and Procedures  [Opsional vs Prosedural]

Jika Anda memiliki MetaPrograms berpola Pilihan atau opsional, Anda akan merasa untuk memiliki pilihan dalam hidup Anda.

Keuntungan Pola program Pilihan adalah Anda mengeksplorasi banyak pilihan dan memberikan orang-orang dengan pilihan, Anda senang bereksperiment dan melanggar peraturan untuk beroleh opsi dan pilihan terbaik.
Kekurangan dari pola opsional adalah Anda bisa terjebak dalam sikap menunda dan menghindari membuat keputusan karena Anda sibuk memilih sehingga lupa untuk memutuskan sampai dipaksa keadaan. Terlalu banyak pilihan kadang menyita waktu untuk memilih pilihan yang terbaik.

Jika Anda memiliki pola Prosedural, Anda ingin memiliki ritual dan rutinitas untuk mengikuti aturan dengan efektif.
Keuntungan pola program Prosedur adalah Anda efisien, baik secara administrasi maupun kepatuhan terhadap aturan, Anda menjadi pribadi yang berkomitmen untuk melaksanakan apa yang sudah diputuskan dan disepakati.
Kekurangan pola Prosedur adalah Anda menjadi birokratis, mudah menolak bila sesuatu itu baru dan berbelit-belit secara administratif yang akhirnya merupakan pemborosan waktu. “Ngapain dipermudah kalau bisa dipersulit!?!”

Bersambung ... MetaProgram #3... #5...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Visitor

Coach & Facilitator

Coach & Facilitator
Wawang Sukmoro Motivator Produktivitas

TURNING LOSS INTO PROFIT

TURNING LOSS INTO PROFIT
Buku Tentang MOTIVASI PRODUKTIVITAS

100% Charity BUKU BERHASIL

100% Charity BUKU BERHASIL
Unduh Gratis at SCRIBD.com

Twitter

Blog Archive

- Copyright © NLP Indonesia Berdaya -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -