Best Manufacturing Practices

Posted by : Excellence Manufacturing Practices Sunday 23 February 2014

MetaProgram (4/4)


Meta-Program #6 – Detail and Global [Rinci vs Global]

Beberapa orang lebih menyukai detail, sementara yang lainnya menyukai hal-hal yang umum atau global. Sebagian senang memandang pepohonan, sebagian lagi merasa lebih enak melihatnya dari ketinggian sehingga mereka dapat melihat hutannya.
 
Jika Anda memiliki pola detail atau rinci, Anda menyukai segala sesuatunya dirinci dan dipecah menjadi bagian-bagian kecil. Percakapan menjadi panjang dan kadang hilang focus serta melupakan keseluruhan tujuan. Anda terlihat sebagai seorang perfeksionis, dan kadang menjadi menyebalkan.

Keuntungan pola detail adalah menjadikan diri Anda nyaman bekerja karena kesalahan-kesalahan kecil dapat Anda antisipasi. Dari hal-hal kecil Anda meraih hasil yang lebih sempurna.
Kekurangan pola detail adalah jebakan pemborosan waktu ketika tiba-tiba terjadi perubahan, sehingga muncul kesan bertele-tele dan ruwet.

Jika Anda memiliki bingkai pola Global, Anda melihat situasi dari gambaran yang lebih besar dan berbicara secara umum, serta menghindari hal-hal detail. Anda tidak mau pusing apa itu detailnya yang penting adalah apa hasilnya. Merinci menurut Anda merupakan pemborosan waktu dan itu bukan diri Anda, ada orang lain yang pantas mengurusnya.

Keuntungan dengan pola Global ada pada pola membuat strategi yang baik sehingga dapat muncul ide-ide dan konsep besar.
Kekurangan dari pola Global adalah pola ini tampak melayang-layang tidak menginjak bumi. Sehingga kadang membuat Anda tidak nyaman dan frustasi ketika diajak dalam percakapan rinci, yang mengakibatkan terlalu banyak ide dan sedikit eksekusi.

Meta-Program #7 – Feeling and Thinking [Perasaan vs Logika]

Sebagian orang memilih untuk merasakan jalan keluar melalui hal-hal yang mengandalkan intuisi, sementara yang lain lebih memilih untuk berpikir dan menggunakan logikanya sebagai dasar pengambilan tindakan atas keadaan yang terjadi.

Jika Anda memiliki pola Perasaan, Anda akan bereaksi secara emosional terhadap berbagai situasi .

Keuntungan pola Meta Programs Perasaan adalah mengambil perasaan sebagai dasar pengambilan keputusannya, perasaan Anda dan juga perasaan orang.
Kekurangan pola ini adalah tampilnya perasaan yang dapat memicu emosional dan temperamen tertentu sehingga dapat mengganggu saat komunikasi bila itu dirasa tidak cocok dengan diri Anda.

Jika Anda memiliki pola Meta Programs Logis, Anda mengambil pendekatan pragmatis dan pendekatan logika untuk berbagai keadaan dan Anda memisahkannya hal-hal yang berhubungan dengan perasaan.

Keuntungan pola Logis adalah pengambilan keputusan dibuat berdasarkan logika, fakta dan evaluasi.
Kekurangannya yaitu Anda menjadi dingin dan terlihat tidak berperasaan karena sedikit menggunakan perasaan sebagai pertimbangan untuk bertindak dan tidak mempertimbangkan perasaan orang lain sebelum berbicara.

Meta-Program #8 – Sameness and Difference
[Persamaan vs Perbedaan]

Beberapa orang dengan mudah melihat bagaimana hal-hal yang terlihat itu sama, sementara yang lain lebih mudah melihat bagaimana hal-hal yang berbeda.

Ini meta program yang menentukan bagaimana Anda memilah informasi untuk mempelajari, memahami , dan sejenisnya. Beberapa orang menanggapi dunia dengan menemukan kesamaan. Mereka melihat hal-hal dan melihat apa yang mereka memiliki kesamaan. Mereka pencocokan.
Orang lain melihat dari sudut pandang perbedaan. Ada dua jenis. Salah satu jenis melihat dunia dan melihat bagaimana hal-hal yang berbeda. Jenis lain Meta Program Perbedaan melihat perbedaan dengan pengecualian. Dia seperti menemukan kesamaan dengan pengecualian secara terbalik; pertama-tama ia melihat perbedaan, dan kemudian dia akan menambahkan hal yang mereka memiliki kesamaan.

Jika Anda pernah menemukan seseorang yang tampaknya selalu tidak setuju dengan Anda , sekarang Anda tahu mengapa .

Jika Anda memiliki Program Persamaan, Anda akan mudah memahami dengan mencari kesamaan dari pengalaman Anda sebelumnya. Pengulangan tidak membuat Anda bosan, Anda akan merasa nyaman dan akrab.

Keuntungan dari modal Persamaan adalah Anda dapat diandalkan untuk menyelesaikan tugas-tugas rutin dan mampu mengulang dengan hasil yang sama. Anda dikatagorikan sebagai seorang yang loyal karena ketekunan  Anda dalam bekerja.
Kekurangan pola ini adalah membosankan dan penilaian Anda memblok suatu yang baru dan menantang.

Jika Anda memiliki Program Perbedaan Anda menjadi mudah bosan dan lebih mencari tantangan dan hal-hal baru. Anda mudah sekali menerima perbedaan dan perubahan suatu sistem tertentu.
Keuntungan Pola Program Perbedaan adalah Anda senang mencoba ide-ide dan konsep-konsep baru, menjadikan diri Anda memiliki lebih banyak pengalaman yang berbeda.
Kekurangan Meta Programs ini adalah sulit memahami kestabilan suatu keadaan sehingga muncul kesan terlalu sering berubah-ubah dan membingungkan.

(Selesai, MetaPrograms)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Visitor

Coach & Facilitator

Coach & Facilitator
Wawang Sukmoro Motivator Produktivitas

TURNING LOSS INTO PROFIT

TURNING LOSS INTO PROFIT
Buku Tentang MOTIVASI PRODUKTIVITAS

100% Charity BUKU BERHASIL

100% Charity BUKU BERHASIL
Unduh Gratis at SCRIBD.com

Twitter

Blog Archive

- Copyright © NLP Indonesia Berdaya -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -