Best Manufacturing Practices

Posted by : Excellence Manufacturing Practices Sunday 23 February 2014


Bisakah Meta Programs Seseorang Diubah ?

Pada pertengahan 1990-an , banyak lembaga pelatihan NLP masih mengajarkan bahwa Meta Programs yang sulit berubah. Tapi penelitian lebih lanjut oleh Robert Dilts menemukan bahwa Program Meta bisa dimodifikasi dan bahkan diganti dengan prosedur NLP relatif sederhana .
Dilts menemukan bahwa Meta Programs bisa memetakan dari satu konteks pengalaman tertentu ke peta yang baru, mereka bisa beroperasi secara stabil dalam konteks baru. Perkembangan selanjutnya L. Michael Hall mengungkapkan bahwa melalui proses deskripsi spesifik, analisis kontrastif dan perhatian terhadap ekologi pribadi, seseorang bisa mengubah Meta Program bahkan ke titik di mana orang bisa "mencobanya" sebelum memutuskan untuk menyimpan perubahan yang baru tersebut.
Telah dikatakan bahwa Leslie Cameron - Bandler mengidentifikasikan sebanyak 60 meta programs. L. Michael Hall menjelaskan 51 pola dalam bukunya, ‘Figuring Out People’.

Harus digarisbawahi dan menggarisbawahi bahwa setiap MetaPrograms bukanlah masalah baik atau buruk , tergantung konteks tertentu dan hasil yang diinginkan. Pola Meta Programs bukanlah bentuk kepribadian seseorang. Artinya, seseorang mungkin memiliki satu operasi Meta Program tertentu dalam satu konteks, dan operasi yang berlawanan di keadaan yang lain.
Setiap orang memiliki Meta Program yang berbeda yang beroperasi secara simultan pada tingkat neurologis yang berbeda. Secara umum, orang beroleh manfaat dengan memiliki pola Meta Program tertentu, dan pilihan Program Meta yang ingin mereka gunakan dalam konteks tertentu dari kehidupan mereka.

Secara teori, mengubah Meta Programs adalah bisa. Yang paling penting untuk diperhatikan adalah memastikan bahwa perubahan itu adalah selaras dan ekologi, yaitu, semua bagian dalam diri Anda ingin berubah dan Anda merasa nyaman dengan perubahan itu.

Proses ini diadopsi dari Hall dan Bodenhamer ‘meta framing’ pendekatan untuk mengubah Meta Program dalam kombinasi dengan aspek Dilts dan Grinder 6 langkah reframe:

LANGKAH 1: Mengidentifikasi Meta Programs yang ingin Anda ubah
a)     Mengidentifikasi dan sepenuhnya menggambarkan kapan, dimana dan dengan siapa Anda merasa bahwa meta program ‘lama’ membuat Anda tidak nyaman.
b)     Kemudian mengidentifikasi dan sepenuhnya menggambarkan bagaimana hal tersebut tidak bekerja dengan baik bagi Anda.

LANGKAH 2: Jelaskan sepenuhnya Meta Programs yang Anda inginkan
a)     Mengidentifikasi dan sepenuhnya menggambarkan kapan, dimana dan dengan siapa Anda akan mempergunakan Meta Program yang baru untuk mengatur persepsi Anda, kesadaran dan bawah kesadar Anda.
b)     Kemudian mengidentifikasi dan sepenuhnya menggambarkan bagaimana akan mempergunakannya dengan lebih baik.

LANGKAH 3: Mencoba Meta Programs baru
a)     Secara fisik mengubah lokasi ke kursi lain atau titik berdiri.
b)     Bayangkan mengadopsi Meta Programs baru dengan cara sepenuhnya menyatu.
c)     Berpura-pura untuk mepergunakannya, menyortir, mengamati, hadir, berpikir, dan merasakan.
d)     Perhatikan bagaimana rasanya, bagaimana hal terlihat, bagaimana tampilannya, apa yang Anda pikirkan. Jangan ragu coba lakukan dengan cara yang Anda sukai. Rasakan perbedaannya dan mengalami seperti apa dengan menggunakan Meta Program baru. Perhatikan perasaan lain yang muncul seperti ketidaknyamanan dengan Meta Program yang baru.
e)     Bayangkan beberapa konteks tertentu di mana Anda berpikir Meta Programs akan bekerja dengan baik pada diri Anda.

LANGKAH 4: Pemeriksaan Ekologi #1
a)     Mencoba Meta Programs yang baru dan mencobanya dalam tindakan. Dan meninggalkan pola lama.
b)     Pada keadaan Meta Programs yang baru, lakukan observasi dan penilaian apa kebaikan yang bisa Anda peroleh?
c)     Apa yang dapat Anda rasakan (dengan segera) atas perubahan Meta Programs Anda?
d)      Apa yang penilaian orang lain (dengan segera) atas perubahan Meta Programs Anda?
e)     Apa efek terhadap keyakinan diri Anda (dengan segera) yang dapat Anda rasakan?

LANGKAH 5 : Periksa Ekologi #2
a)     Pindah kembali ke lokasi fisik AWAL - di mana Anda berada ketika Anda melakukan langkah 1 dan 2.
b)     Masuk ke dalam diri sendiri dan tetap menghormat dengan mengajukan pertanyaan ini kepada seluruh batin Anda dan semua bagian diri Anda :
Apakah setiap bagian dari diri saya memiliki keberatan melakukan perubahan ini?
c)     Biarkan diri Anda untuk diam dan tenang selama beberapa menit, tunggulah hingga diri Anda keberatan untuk menyampaikan apa yang dia rasakan dan menyampaikan informasi kepada diri Anda.
d)     Jika ada keberatan, dan pihak internal diri Anda berkeberatan; maka Anda sampaikan ‘Terima kasih’ kepada nya. Buatlah catatan atas keadaan tersebut.
e)     Secara khusus mengidentifikasi bagaimana, kapan, dimana dan dengan siapa Program Meta lama tersebut cocok untuk dipergunakan dan Anda beroleh hasil positif? Apa keuntungan Anda jika tetap harus mempertahankan Meta Program Anda yang lama?
f)     Bagaimana Anda akan tetap menjaga Meta Programs lama?

LANGKAH 6: Merawat Ekologi
a)     Tujuan dari merawat ekologi adalah untuk mengatasi setiap konflik, keberatan atau keganjilan. Gunakan setiap proses NLP lainnya yang mungkin berguna dan tepat, seperti reframing atau mendefinisikan kembali, sehingga semua keberatan dapat ditangani dan Anda telah memutuskan emosi lama, pikiran, keyakinan, keputusan, dll.
b)     Jika Anda mengalami kesulitan menangani salah satu keganjilan ini, jika ada yang persisten atau sulit untuk diselesaikan. Berhentilah di sini - untuk saat ini. Anda dapat kembali ke proses ini setelah mereka telah benar-benar dapat ditangani. Pertimbangkan menjelajahi proses NLP lainnya untuk menangani mereka dengan cara yang berbeda. Jika Anda bisa menggunakan bantuan ini, membuat pengaturan untuk berkonsultasi dengan praktisi NLP yang lebih professional sampai mereka bisa menyelesaikannya.
c)     Bila semua sistem dalam diri Anda memberikan lampu hijau, maka lanjutkan langkah berikutnya, langkah 7.

LANGKAH 7: Izin
a)     Berikan diri Anda untuk menginstal Meta Programs yang baru untuk jangka waktu tertentu. Hal ini dapat Anda pergunakan di mana saja dalam beberapa hari, atau untuk satu atau dua minggu.
b)     Membuat kesepakatan internal yang pada akhir waktu itu sehingga Anda dapat memutuskan untuk mempergunakan Meta Program Meta yang baru. Dan mencoba  memperpanjang waktu latihan, atau beralih kembali ke Meta Programs lama.
c)     Pada titik ini dalam proses, seseorang dapat menginstal Meta Programs baru hanya boleh dilakukan dengan izin diri Anda untuk mempergunakannya.
d)     Untuk memperkuat keyakinan Anda itu, bergerak kembali ke lokasi fisik yang Anda gunakan selama ‘MENCOBA Proses Langkah 3, dan ‘KEADAAN EMOSI Anda’ ke keadaan Fisiologi semula. Hal ini dilakukan dengan penuh kesadaran menghubungkan kembali ke ‘PERCOBAAN MENGANTI KEADAAN’, hingga Anda mendapatkan rasa sepenuhnya. Kemudian membuat pengaturan internal untuk menciptakan simbol mental atau beberapa kata yang akan mewakili pengalaman Anda. Kemudian menjalankan simbol atau kata-kata ke posisi awal Anda dan mengambil beberapa saat untuk menerima dan mengintegrasikan simbol atau kata-kata ke dalam kesadaran Anda . Perhatikanlah dan berikan waktu bagi diri Anda untuk ‘mengorganisir system di dalam diri Anda’ dengan caranya sendiri, dan biarkan diri Anda mengalami Meta Program baru tersebut.

LANGKAH 8: Memeriksa Ekologi tahap Final
a)     Masuk ke dalam dan memeriksa untuk memastikan semua baik dan Anda bersemangat dan berharap untuk menggunakan Program Meta baru untuk periode waktu yang ditentukan .
b)     Jika ada masalah ekologi menit terakhir muncul, sementara Anda tidak beroleh izin, maka Anda kembali ke Langkah 6.
c)     Ketika semuanya ekologi dan keadaan Anda baik-baik saja, maka lanjutkan ke Langkah 9.

LANGKAH 9: Keadaan Masa Depan
a)     Praktek  dan aplikasikan dalam imajinasi Anda, dengan menggunakan Meta Programs pada banyak konteks di masa depan yang Anda inginkan, sampai terasa nyaman dan akrab.
b)     Kembali ke masa sekarang dan menikmati Meta Programs baru Anda!




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Visitor

Coach & Facilitator

Coach & Facilitator
Wawang Sukmoro Motivator Produktivitas

TURNING LOSS INTO PROFIT

TURNING LOSS INTO PROFIT
Buku Tentang MOTIVASI PRODUKTIVITAS

100% Charity BUKU BERHASIL

100% Charity BUKU BERHASIL
Unduh Gratis at SCRIBD.com

Twitter

Blog Archive

- Copyright © NLP Indonesia Berdaya -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -